Tuesday, May 15, 2012

Elo Aja Yang Jadi TKI



Adalah om Jack orang yang paling gusar ketika mengetahui mpok Siti, bininya bang Aceng mau jadi TKW ke tanah Arab. Om Jack adalah pemilik mobil angkot yang biasa di sopiri bang Aceng untuk narik penumpang ketika menjadi sopir tembak. Om Jack juga masih terbilang kerabat dekatnya mpok Siti, bininya bang Aceng. Om Jack sangat gusar. Berita tentang mpok Siti yang mau jadi TKW ke Arab telah mengusik ketenangan hatinya.

Setelah berita ini sampai ketelinganya, om Jack memang belum bertindak apa-apa, dia masih menunggu perkembangan. Meskipun hatinya gusar, tapi om Jack tidak bisa serta merta mencampuri urusan rumah tangga keponakannya itu. Dia yakin suatu saat nanti pastilah bang Aceng akan datang dan mengadukan permasalahan ini ke hadapannya.
 Dan ternyata benar, tiba-tiba malam ini bang Aceng nongol berkunjung ke rumahnya. Mungkin karena lama menahan kegusaran dihatinya, langsung saja bang Aceng di semprot habis-habisan.

“Om tanya nih ya, elo ini laki-laki atau banci….? Elo tega bini lo pergi nyari duit ke Arab sono buat ngidupin elo…?” tanpa tedeng aling-aling sumpah serapah dan makian itu terlontar. Bang Aceng bergeming, tidak sanggup menatap tatapan tajam mata om Jack.

“Maaf om, bukan gitu maksud aye….. sebenernya aye juga nggak setuju bini aye jadi TKW…. Tapi…….” suara bang Aceng terputus karena om Jack keburu melanjutkan sumpah serapahnya.

“Alaaaahh…. Dasar pengecut lo, kalo elo gak setuju…. Kenapa bukan elo aja yang cari duit ke Arab sono, jadi TKI…!!!”

Bang Aceng terdiam, kata-kata itu begitu tajam dan menghujam telak menusuk dadanya.

“Elo laki-laki Aceng…. Nyari duit dan ngidupin anak bini itu adalah tugas elo, kalo elo nggak sanggup ngidupin bini ama anak elo, bawa mereka kesini, biar Om yang kasih makan mereka…. Bukannya malah elo suruh bini elo nyari duit jadi TKW…….!!”


“Tapi aye nggak nyuruh bini aye jadi TKW, om…, bini aye sendiri yang mau jadi TKW” Bang Aceng mencoba membela.

“Terus, kenapa elo kasih izin? Elo udah nggak sanggup ngidupin keluarga elo…?”

“Aye nggak bakal kasih izin,om….”

“Terus elo maunya apa…?”

“Biar gaji aye nggak seberapa, aye masih sanggup ngidupin anak bini aye om, kalopun aye gak bisa kerja jadi satpam lagi, aye bisa nyari kerjaan apa aja, yang penting kerjaan aye halal….”

“Iye…, terus elo maunya apa…. Aceng….??!!”

“Aye cuman minta tolong, tolong om Jack bilangin ke bini aye, nggak usah jadi TKW. Karena biasanya kata-kata om Jack lebih di denger ama bini aye. Aye susah ngejelasinnya…. Takut salah….”

Om Jack terdiam, tapi hatinya senang sekali. Tindakan Bang Aceng sesuai dengan harapannya.

“Satu lagi nih om, aye bukanlah banci….. Kalo cuman buat ngidupin bini ama empat orang anak aye, nih…. Aceng masih sanggup….” bang Aceng menepuk-nepuk dadanya seolah-olah jagoan yang baru menang taruhan.

Om Jack melirik dengan sudut matanya, terbersit senyum kebanggaan di sudut bibirnya.
“Bila perlu nih, aye sendiri yang jadi TKI kalo disini nggak ada tempat nyari duit lagi. Bini aye cukup ngurusin anak-anak aye…… permisi om, Wassalamualaikum…” bang Aceng berpamitan, lalu diciumnya tangan om Jack sebelum berlalu.

Om Jack bangkit dari tempat duduknya dan menepuk bahu bang Aceng. Dengan suara tertahan di balasnya salam itu.

“Waalaikum salam, besok om datang ke rumah lo, biar om yang bilang ama Siti….”

*
*
*
*


Salam damai dari lembah gurun Habshan, Abu Dhabi UAE.

No comments:

Post a Comment