Tuesday, May 15, 2012

Berani Menjadi TKI…?



Tidak ada yang salah jika Mpok Siti mau menjadi TKW. Tapi menurut Om Jack, jika memang harus mencari nafkah ke tempat lain misalnya ke luar negeri, maka yang lebih cocok untuk pergi mencari nafkah itu adalah Bang Aceng selaku kepala rumah tangga. Bukan Mpok Siti yang seorang ibu rumah tangga. Sudah kodratnya untuk mencari nafkah utama dilakukan oleh pihak lelaki, dan yang mengurus urusan dalam rumah tangga dilakukan oleh seorang istri.

Apalagi untuk menjadi TKW di luar negeri bukannya pekerjaan yang mudah dan gampang. Apa sih yang dipunyai mpok Siti untuk diandalkan sebagai keahliannya? Jangankan berbahasa Inggris atau berbahasa Arab, membaca dan menulis tulisan latinpun ia tidak sepenuhnya lancar. Kecuali untuk menghitung uang, mpok Siti memang jagonya. Dengan segala keterbatasan itu, ujung-ujungnya Mpok Siti hanya akan bisa menjadi pembantu. Bukan isapan jempol, berita-berita miris tentang kejadian yang memilukan yang menimpa para TKW umumnya sebagian besar menimpa para TKW yang tingkat pendidikannya rendah dengan keahlian yang pas-pasan.

“Kalo elo bahasa Inggrisnya cas-cis-cus, pinter ngomong Arab, ngerti urusan komputer, bisa ngitung ampe satu miliyar….. Om elo ini kagak bakalan usil deh, Siti….” Om Jack ngasih ceramah pada Mpok Siti.
“Lah ini…. Boro-boro mau baca tulis, ama tanda tangan aje kagak ngerti…., bisanya cap jempol doang, elo bakalan susah di Arab sono. Elo kira gawe di Arab sono gampang…. ?? Ujung-ujungnya elo jadi pembantu juga. Mending kalo pembantu beneran…. Kalo elo ketipu atau terkena rayuan-rayuan sesat orang-orang jahat gimana…?  Mendingan elo gawe di rumah Om lo ini aja dah, bantuin bibi lo ngurusin warung….” Om Jack masih belum beres ceramahnya, mpok Siti cuma tertunduk, sadar semua ucapan Om Jack adalah benar adanya.


“Tapi Om, Ceu Lilis gang sebelah bisa tuh gawe di Arab….” Mpok Siti akhirnya bersuara.
“Eh Siti, Ceu Lilis tuh beda…. Sekolahnya tinggi.  Dia itu ahli komputer, sekolahnya aje sampe ke Singapur….. gratis lagi karena kepinterannya. Jangan disamain dong ama elo…” potong bang Aceng tiba-tiba. Memang benar Ceu Lilis yang dimaksud adalah seorang ahli IT yang saat ini bekerja untuk perusahaan minyak di Kuwait.

“Nah… kalo elo punya kemampuan kayak Ceu Lilis, Om lo ini nggak bakalan berat ngelepas elo jadi TKW” langsung om Jack nyambar lagi dengan kata-kata pedasnya.

“Pokoknya Om kagak setuju, ujung-ujungnya TKW-TKW kayak lo ini yang bakalan bikin susah pemerintah……” Om Jack tegas-tegas mengatakan penolakannya.

“Heran yah om, kok pemerintah masih aja ye ngirimin TKW-TKW yang kagak punya pendidikan dan keahlian yang cukup buat jadi TKW….. Mentang-mentang di sononya cuma jadi pembantu, eh segala macem perempuan yang mau jadi TKW…. Main kirim aja….” Bang Aceng menyahut.

“Due-due nye aneh….!!!” Sahut bang Aceng ketus.

“Kok due-due nya Om….emang siape lagi?” Bang Aceng tidak mengerti.

“Lakinya yang aneh….. kagak malu ape? Bini nye dibiarin nyari duit mati-matian di Arab, eh lakinya malah enak-enakan tiap bulan nungguin kiriman bininye…., mangkenye…elo jangan sampe gitu. Kecuali elo mau Om panggil banci…!!” sahut Om Jack masih ketus.

“Kagak om, biar gini-gini aye punya harga diri….., masak aye hidup dari hasil kiriman duit bini aye…. Ape kata dunia om….” Bang Aceng nyengir disentil kalimat pedas om Jack.

“Emang elo sanggup jadi TKI…? Elo berani….??” Tanya om Jack.

“Berani dong Om, kalo emang harus jadi TKI, kenapa nggak. Daripada bini aye yang jadi TKW, mendingan aye yang jadi TKI….. Aceng gitu lho…..” bang Aceng menyahut tegas sembari berusaha mencairkan ketegangan yang sedari tadi melingkupi ruangan kecil rumah kontrakan bang Aceng.

“Nah… gitu dong. Tunjukkan laki-laki itu tugasnya ngidupin keluarga, ngidupin anak bini…. Bukannya di idupin bini…..” Om Jack tersenyum puas sekarang.

Seketika di layar televisi 14 inchi butut menayangkan reportase tentang sekumpulan TKW dari Arab yang sudah berbulan-bulan tertahan di suatu tempat sembari menunggu untuk di deportasi karena tidak mempunyai dokumen lengkap. Beberapa diantaranya adalah para TKW yang kabur dari rumah majikan  yang terjaring aparat kepolisian. Saat diwawancarai mereka mengatakan bahwa mereka memilih kabur dari para majikannya karena gaji yang diterima tidak sesuai dengan kenyataan. Ada juga yang mengatakan karena mendapatkan majikan yang kejam. Sebagian lagi ada yang jujur mengatakan sengaja kabur biar ditangkap polisi supaya bisa dideportasi dan dipulangkan secara gratis ke Indonesia. Dan yang lebih mengenaskan ada yang mengatakan bahwa cuma ikut-ikutan teman atau tergoda karena rayuan pasangan gelapnya….

Om Jack bergidik dan bergumam…
“Tuh, elo-elo pada lihat sendiri kan? Inilah akibatnya kalo coba-coba gawe jadi TKW, tapi kagak ngerti ape-ape…. Cuman modal berani doang….. udah, ganti channelnya… gak tega ngeliatnye… mending nonton sinetron aje… nonton mimpi…..”

No comments:

Post a Comment