Thursday, November 15, 2012

Pos Ronda di Kompasianival 2012


Komunitas yang akan memeriahkan Kompasianival 2012


“Loohh…? Toloooong…!! Ada gempa bumi..!!” Inin Kribo terlonjak dari dengkuran panjangnya.
Sambil membenarkan sarung kotak-kotak lusuhnya, Inin Kribo belingsatan mencari sandalnya. Matanya masih setengah membuka, antara sadar dan tidak. Karena limbung, kembali Inin Kribo jatuh terlentang.
“Wooii, Kang Kribo…! Jangan panik, ini bukan gempa bumi….!” Fietry berteriak sambil terkekeh riang.
Inin Kribo tetap belum menyadari apa yang telah terjadi. Dirinya semakin heran karena singgasana Pos Ronda tempatnya mendengkur pagi itu selepas sholat Subuh diangkat warga beramai-ramai. Rombongan warga yang dikomandani Bocing beserta pasukannya, Pongky, Fietry, Cupi, Fidia, Windu, dan warga desa lainnya terus bersemangat mengangkat Pos Ronda. Lalu memindahkannya ke atas truk yang sudah menunggu di halaman kantor Desa.
“Looohh ini Pos Ronda, teh…. Mau dibawa kemana?” Inin Kribo semakin heran.
“Mau dipindahkan dulu sementara, ke KOMPASIANIVAL…!!” teriak pak RT Ibay sambil memberi aba-aba.

******
KOMPASIANIVAL…..? Yah, Pos Ronda Desa Rangkat pindah tempat. Untuk sementara Pos Ronda ini akan dipindahkan ke Skeeno Exhebition Hall Gandaria City. Di mana warga Desa Rangkat akan menempatkan Pos Ronda ini di spacebooth yang disediakan panitia.
Kenapa harus Pos Ronda? Apakah tidak terlalu sederhana?
Karena bagi warga Desa Rangkat, Pos Ronda adalah simbol kebersamaan dan kesederhanaan. Di Pos Ronda inilah tempat para Pengrajin kata, para Pujangga Desa, para Penyair gunung Naras, para Petani diksi, para Pendekar FF (istilah yang sering digunakan warga) dan seluruh warga Desa dalam berinteraksi. Saling sapa, saling canda, dan saling bertanya tentang kabar keseharian di desa. Sederhana sekali memang, karena Pos Ronda ini memang bertema #RangkatCintaSederhana#.
Kesederhanaan Pos Ronda ini juga yang mengilhami lahirnya buku pertama warga Desa berjudul “Untaian Aksara Maya Terjalin Nyata” yang ber-cover Pos Ronda Desa Rangkat.

Buku pertama karya Rangkaters yang ber-cover Pos Ronda Desa


Menemani dan mengiringi pemindahan sementara Pos Ronda ini ke ajang Kompasianival, warga Desa Rangkat juga akan menampilkan sebuah fragmen singkat di panggung Kompasianival nanti. Fragmen sederhana tentang keseharian interaksi di Desa, adalah bentuk sapaan dan sambutan kami dari warga Desa Rangkat terhadap seluruh Kompasianer yang hadir.
Ini adalah keikutsertaan Komunitas Desa Rangkat yang kedua kalinya dalam ajang Kompasianival. Pada Desember tahun lalu, Komunitas Desa Rangkat telah ikut berpartisipasi di dalamnya, di mana saat itu Desa Rangkat menampilkan pembacaan puisi warga sekaligus memperkenalkan diri. Banyak manfaat yang Desa Rangkat ambil dan petik setelah keikutsertaan Kompasianival tahun lalu.
Dan itu mengilhami kami untuk terus membesarkan Komunitas ini dan berusaha menjadikan Komunitas ini menjadi Komunitas yang bisa berbagi untuk sesama. Pendirian Pojok Baca Rangkat di Yayasan Dulur Salembur Tangerang pada bulan April lalu adalah salah satunya.

Pendirian Pojok Baca rangkat di Yayasan Dulur Salembur Tangerang, April 2012

Bersama adik-adik Yayasan Dulur Salembur di Pojok Baca Rangkat
 Juga keikutsertaan kali ini juga adalah sebagai hadiah terindah untuk Komunitas ini yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-2. Selain lahirnya buku ke-2 warga Desa yang baru saja dilaunching di Bandung bertepatan dengan perayaan ulang tahun bulan Oktober lalu.

Buku ke-2 karya Rangkaters, dilaunching pada perayaan ultah ke-2 Oktober lalu di Bandung
Kisah Asah Asih Asuh, adalah buku ke-2 karya Rangkaters yang dilaunching bersamaan dengan perayaan ultah ke-2 komunitas
Sebagian Rangkaters pada ultah ke-2 Komunitas di Bandung, Oktober 2012
 Berikut adalah beberapa kenangan terindah yang sempat diabadikan pada saat Komunitas Desa Rangkat ikut serta pada ajang Kompasianival tahun lalu.

Pembacaan puisi oleh Edy Priyatna dan Jingga Rangkat di Kompasianival 2011

Mommy didampingi para sesepuh Desa Rangkat, Thamrin Dahlan dan Windu Hernowo bersama Iskandar Zulkarnaen dari admin Kompasiana. (Kompasianival 2011)
Berbicara tentang DESA RANGKAT ( KOMPASIANIVAL 2011)

Lintas generasi di Desa Rangkat (Kompasianival 2011)

Rangkaters dan Kompasianer (Kompasianival 2011)
 Di Pos Ronda Desa kami berkumpul dan berinteraksi. Dan di Pos Ronda Desa Rangkat yang berpindah tempat sementara ke ajang KOMPASIANIVAL kami menanti kunjungan sahabat semua. Dengan penuh kerendahan hati kami akan menyambut kalian semua. Sekedar melepas lelah dan penat dengan aktifitas keseharian, mari sejenak duduk di Pos Ronda Desa Rangkat kami. Di ajang KOMPASIANIVAL pada 17 November nanti.

Sampai jumpa di Skeeno Exhebition Hall Gandaria City…

No comments:

Post a Comment