Saturday, November 17, 2012

[Desa Rangkat Kompasianival] Dari Pos Ronda Kami Menyapa

Beberapa komunitas yang berperan serta dalam Kompasianival 2012

Menghadirkan Pos Ronda Desa Rangkat di Skeeno Hall Gandaria City pada Kompasianival 2012 bukanlah tanpa makna. Bagi Komunitas Desa Rangkat, Pos Ronda adalah simbol kebersamaan dan kesederhanaan. Di Pos Ronda inilah tempat berkumpulnya warga, saling asah asih dan asuh dalam diskusi berbagai hal. Terutama dalam hal bidang tulis menulis, minat kesusastraan, dan berbagai diskusi untuk rencana kegiatan sosial.

 Dalam interaksi maya melalui media online, kami menganalogikan pengadaan Pos Ronda Desa Rangkat di ajang ini dengan istilah memindahkan sementara Pos Ronda dari Desa ke Gandaria. Jika diceritakan dengan bahasa fiksi, semua warga Desa bergotong royong mengangkat Pos Ronda, lalu menaikkannya ke atas truk yang sudah menunggu di kantor Desa, dan melepasnya untuk dibawa ke Jakarta. Beberapa warga yang ditunjuk sebagai Duta Rangkat untuk Kompasianival 2012 juga dilepas bersamaan dengan keberangkatan Pos Ronda.


 Dan di alam, nyata pengadaan Pos Ronda Desa Rangkat di ajang ini adalah mewujudkannya sebagai bentuk fisik meski dengan kondisi yang sederhana. Adalah Kompasianer ESP-24 yang memerankan diri di Desa Rangkat dengan panggilan Bocing si Bocah Ingusan, yang menjadi Komandan Duta Rangkat untuk Kompasianival kali ini. Bocing telah membentuk tim yang solid dan teruji untuk tanggung jawab ini. Dia sengaja berangkat langsung dari Sampit ke Jakarta beberapa hari sebelum ajang ini berlangsung. Tim yang dibentuk Bocing ini beranggotakan Fietry, Pongky, Fidia, dan pak Windu Hernowo. Kesemuanya adalah Kompasianer yang berdomisili di Jakarta, serta Cupi, Kompasianer dari Bandung.

Bocing alias ESP-24, si Komandan para duta Rangkat untuk Kompasianival 2012. Sedang beristirahat di antara kesibukannya mendirikan Pos Ronda

Windu Hernowo, berperan sebagai novelis Rangkat ikut turun tangan bersama Pongky dalam pendirian Pos Ronda Rangkat

Ki Dalang Edi, Lala, dan Bocing bahu membahu mengikat bambu

Foto-foto kegiatan Komunitas Desa Rangkat dalam perjalanan umurnya yang sudah menginjak tahun ke-2, turut menghias Pos Ronda sederhana 
 Lalu untuk tim panggung, duta Rangkat tahun ini dikomandani oleh Jingga Rangkat, Kompasianer yang berdomisili di Denpasar. Tim ini beranggotakan Edi Siswoyo Kompasianer Jakarta yang biasa berperan sebagai Ki Dalang jika bermain fiksi di Desa, dan Novi Octora Kompasianer Balikpapan si Mawar Desa Rangkat. Ketiga Rangkaters ini menampilkan fragmen singkat, sebagai bentuk sapaan warga Desa Rangkat pada seluruh pengunjung dan peserta Kompasianival.

Ki Dalang Edi sedang bersama para sindennya di Pos Ronda

Ki Dalang Edi dan Novi Octora di panggung utama dalam fragmen singkat


Trio Rangkat di atas panggung dalam fragmen singkat. Ki Dalang Edi, Novi Octora, dan Jingga Rangkat. Aksi teaterikal diiringi gesekan biolanya Surya Novenda dan petikan gitarnya Firman
 Inilah Pos Ronda sederhana kami, dan inilah aksi panggung sederhana dari Komunitas kami. Yang kami hadirkan dengan bulir-bulir keringat warga dari seluruh posok Desa. Berikut beberapa foto-foto Desa Rangkat dalam Kompasianival 2012 yang terdokumentasi sampai saat ini.

Gesekan biolanya Surya dan dan petikan gitarnya Firman mengalun dari Pos Ronda. Menembangkan tembang-tembang desa.

Pos Ronda Desa Rangkat

Buku-buku karya warga Desa Rangkat yang dihadirkan di Pos Ronda

Karena Pos Ronda-nya kecil, beberapa lesehan di teras pos ronda

Suasana di depan Pos Ronda

Melepas lelah sejenak di Pos Ronda

Sedikit penganan sederhana yang ada di Pos Ronda tercinta. Disajikan dengan ramuan kasih sayang bunda Yanti

Bahagianya, ada kasih sayang lewat sajian kopi dan uduk dari Bunda Yanti tercinta untuk warga di Pos Ronda

Sebagian warga desa dan bung Isjet

No comments:

Post a Comment