Tuesday, July 3, 2012

[FF] Pada Cinta Jalanan



* Lirik lagu
______________
Kisah cinta kita memang tidak seheroik kisah cintanya karya William Shakespeare. Panggung opera Romeo dan Juliet-nya terlalu agung untuk kita tandingi. Juga jangan bandingkan kisah cinta kita ini dengan intrik romantisnya Mark Antony, sang jendral Romawi. Yang jatuh hati pada Cleopatra, si ratu cinta dari Mesir. Meski akupun sama seperti mereka, rela melepas raga demi penyatuan hati ini.
Jangan pula berharap aku bisa memberikan sesuatu yang megah untukmu. Seperti yang Shah Jahan berikan pada kekasihnya, Mumtaz Mahal. Untuk membangun makam agung bagi jasad istrinya berupa Taj Mahal di tepian sungai Yamuna, di Agra yang nun jauh di sana.

Andaikata aku bisa memberikan sesuatu, mungkin itu tak lebih dari setangkai kembang Pete. Atau mungkin juga hanya berupa sebuah batu akik. Seperti kisah cinta jalanan-nya Warijem dan Tukiman dalam dendang cintanya sang legenda, Iwan Fals.
Seperti kata bang Iwan, memang cinta kita hanyalah cinta jalanan. Yang tegar mabuk di persimpangan, yang sombong menghadap keadaan. Namun apapun itu, kisah cinta ini teramat suci. Bathin ini begitu merindu untuk menautkan hati pada ikatan yang berbalut restu dan berwujud halal. Meski itu terwujud melalui jalan yang amat sederhana.
Pernikahan massal ini adalah anugerah. Terutama pada orang-orang seperti kita. Yang kadang lupa bagaimana caranya menikmati cinta. Karena naluri kita lebih banyak mengajari kita untuk berjuang. Agar mampu bertahan hidup diantara rongsokan, debu jalanan, kolong jembatan, dan makian aparat berseragam.


No comments:

Post a Comment